Disclaimer : Blog ini sengaja dibuat semata mata memudahkan para pemirsa untuk mendapatkan tambahan informasi yang berhubungan produk produk pertanian,peternakan,perikanan dan kesehatan yang berkualitas, berteknologi dan sudah ter uji manfaatnya,dan bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau,mudah pemesananya tidak ribet...

Senin, 20 Oktober 2014

HORMONIK hormon organik

Ada tiga hormon yang yang mutlak dibutuhkan oleh tanaman dalam proses pertumbuhanya ,yaitu ; Auksin,giberelin , dan sitokinin. Apabila tanaman kekurangan salah satu hormon tersebut maka pertumbuhanya akan terganggu. Tanaman akan bisa menjadi  kerdil (pertumbuhanya lambat ),kurang sempurna ,umbi sedikit dan kecil , buah dan bunga mudah rontok .Tentunya hal ini sangat mempengaruhi produksi tanaman itu sendiri.

Untuk itu keberadaan hormon sangatlah penting .Sekarang telah banyak di pasaran hormon yang umumnya bersifat anorganik / kimia.Walau dirasakan manfaatnya tapi karena sifatnya yang sitentik /kimia tentu cenderung sukar terurai oleh alam,sehingga dalam pemakaian jangka panjang akan menimbulkan dampak negatif bagi tanaman.maupun linkunganya.

Untuk menjawab tantangan itu .Maka PT Natural Nusantara mengeluarkan produk hormon yang bersifat dan berbahan organik,dengan nama HORMONIK.Hormon yang terkandung dalam HORMONIK adalah senyawa alami yang mengatur pertumbuhan tanaman terdiri dari auksin ,giberelin,sitokinin.

Auksin.
Hormon ini dalam tumbuhan sebagai indol 3-asetat  (IAA) yang dihasilkan oleh jaringan muda yang sedang tumbuh. Fungsi hormon ini untuk dan di ferensiasi  sel. Peningkatan respirasi tanaman , merangsang sintesis RNA ,Protein dan enjim .Auksin sangat berperan pada pembentukan jaringan pada fase pertumbuhan vegetatif.

Giberelin.
Hormon ini mendorong pertumbuhan / pemanjangan tubuh tanaman  (akar dan batang ), merangsang pembangunan ,menormalkan pertumbuhan tanaman yang kerdil.Hormon ini bekerja secara saling membantu dengan hormon lain (sinergis) seperti hormon auksin.Dapat juga memacu pertumbuhan tanaman yang terhambat karena penyakit.

Sitokinin.
Fungsi hormon ini untuk pembesaran dan di ferensiasi sel,menghalangi ketuaan ,mengarahkan aliran asam amino dan zat makanan keseluruh tubuh bagian tanaman dengan kosentrasi sitokinin tinggi .

Secara umum , manfaat hormonik bagi tanaman untuk mempercepat pertumbhan tanaman , akar, memperbanyak dan memperbesar umbi, mengurangi kerontokan bunga dan buah serta memperbanyak dan memperbesar buah dibanding hormon kimia.Hormonik mempunyai kisaran dosis lebih besar sehingga jka kelebihan tidak membahayakan tanaman,mudah terurai oleh alam dan aman bagi manusia dan lingkungan.

Cara pemakaian : 
1.  Di kocok lebih dulu .
2   Larukan hormonik dengan air ,dosis 1-2 cc/liter air.(2-3 ttp/tangki), lalu semprotkan ke daun tanaman secara merata..
3.  Pemakaian dilakukan paling tidak pada pertengahan usia tanaman (untuk tanaman sekali panen misal padi ,palawija dll)hingga menjelang berbunga  (dari awal tanaman akan lebih baik).
 4. Untuk tanaman tahunan lakukan penyemprotan intensif 3 bulan menjelang musim berbunga.
5.  Untuk tanaman semusim yang dipanen lebih dari sekali  (misal cabe,tomat,kacang panjang dll) setiap selesai pemetikan dapat di semprot ulang untuk merangsang pemunculan bunga baru,memperpanjang masa panen dan meningkatkan kualitas.

Catatan : Hormonik akan lebih efektif jika pemakaianya di campur dengan POC NASA dengan dosis  kurang lebih 1 tutup hormonik, kira kira 4 tutup NASA per tangki.

Harga : 

Hp : 081349245098 (Raswan)

Masih bersangkutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar