Disclaimer : Blog ini sengaja dibuat semata mata memudahkan para pemirsa untuk mendapatkan tambahan informasi yang berhubungan produk produk pertanian,peternakan,perikanan dan kesehatan yang berkualitas, berteknologi dan sudah ter uji manfaatnya,dan bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau,mudah pemesananya tidak ribet...

Selasa, 21 Oktober 2014

GLIO

NATURAL GLIO adalah pengendali penyekit alami yang berbagan aktif Gliocladium sp.dan Trichodermo sp. yang merupakan suatu jenis  cendawan (jamur multiseluler) yang dapat membantu petani menanggulang beberapa penyekit tanaman.Fungsinya sebagai agensia antagonis (penghambatan) terhadap beberapa jenis penyekit tanaman.Gliocladium sp. sangat berperan dalampengendalian biologis patogen patogen penyebab penyekit yang merugikan dalam tanah.Mekanisme antagonis yang terjadi adalah ;
1.  menghancurkan patogen patogen benyebab penyekit dari luar (inokulum) atau mematikan sumber perkembanganya penyakit.
2.  Mencegah patogen patogen penyebab penyekit untuk membentuk koloni  (menyetu) dan berkembang kembali dalam tanah.
3.  Melindungi perkecambahan biji dan akar akar tanaman dari infeksi penyebab penyakit pantogen.

Gliocladium sp. dan Trichoderma sp. dapat mematikan ,mengambat dan menghancurkan pertumbuhan cendawan patogen dalam tanah yang dapat menyerang tanaman (fungisidal dan fungisatik).Kemampuan ini disebabkan karena Gliocladium sp. mengeluarkan zat antibiotik gliovirin dan viridin.
Gliovirin merupakan senyawa yang menghambat pertumbuhan beberapa cendawan dan bakteri.
Viridin dapat menghambat pertumbuhan cendawan.
Natural Glio mengandung 1015 spora/gramGliocladium sp.dan Trichoderma sp. sehingga sangat efektif untuk usaha pengendalian penyekit. Natural Glio dibuat dalam bentuk serbuk dengan tujuan:
1.  Memudahkan pemakaian.
2.  Tahan disimpan dalam waktu 3-5 tahun tanpa berkurang efektifitasnya.

Aplikasi pemakaian Natural GLIO:
Natural GLIO sebanyak 100gram dapat dicampurkan ke dalam 25 kg pupuk kandang matang , kemudian disebarkan secara merata ke lahan..Akan lebih baik apabila didiamkan selama seminggu supaya populasi natural GLIO berkembang lebih banyak.Aplikasi yang paling tepat adalah digunakan pada saat pemupukan dasar dengan pupuk kandang sebagai pengendalian secara preventif.Apabila tanaman sudah terserang penyekit maka Natural Glio tetap digunakan untuk melokalisir serangan.

Jenis penyakit yang dapat dikendalikan adalah penyakit yang terbawa biji atau terbawa tanah . contoh; penyakit rebah semai (dumping of) yang disebabkan oleh cendawan Pythium  sp. dan Rizoctonia sp. penyakit layu dan lombok,kentang ,tomat,tembakau,dll yang disebabkan oleh jamur Fusarium sp. dan bakteri Pseudomonas sp.
Hp;081349245098

Masih bersangkutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar